Rabu, 16 Juli 2008

Tips memilih JURUSAN


Ini adalah tips buat kamu para SISWA maupun MAHASISWA dalm memilih JURUSAN ! Tipsnya meliputi hal-hal sebagai berikut :


1. SESUAIKAN MINAT, CITA-CITA DAN BAKAT

Setiap orang pasti memiliki cita-cita, minat dan bakat yang berbeda. Tak terkecuali kamu! Kamu tentunya sudah memikirkan MAU JADI APA SIH NTAR G ??? Nah itulah kunci utama kamu untuk memilih jurusan sekolahmu (baik IPA, IPS, BAHASA dll khususnya bagi SMA). Saat kamu memilih jurusan pikirkanlah matang-matang APAKAH SAYA COCOK DENGAN JURUSAN INI ??? Tapi kamu jangan memaksakan diri untuk masuk ke suatu jurusan yang tidak kamu inginkan, karena hal tersebut hanya akan menjadi BOOMERANG bagi masa depanmu.


2. JENJANG PENDIDIKAN (KHUSUS MAHASISWA)

Ada berbagai macam JENJANG PENDIDIKAN yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. Adapun jenjang STRATA dan DIPLOMA perbedaannya bukan hanya ada pada lamanya masa perkuliahan tetapi juga pengkhususan. Sedangkan STRATA lebih menekankan pengusaan ilmu, sedangkan diploma lebih menekankan keahlian pada bidang tertentu.


3. PROSPEK SETELAH LULUS

Saat memilih jurusan, kamu juga harus mempertimbangkan peluang pekerjaan/kehidupan yang akan kamu jalani setelah lulus nanti. Apakah jurusan tersebut memberikan peluang besar bagi saya??? itu adalah pertanyaan besar yang harus kamu pegang. Cobalah mencari jurusan yang akan banyak dicari atau dibutuhkan oleh orang banyak.


Tidak ada komentar: